BIMBINGAN TEKNIS TIM KOMISI AKREDITASI RUMAH SAKIT DI RSUP H. ADAM MALIK

Persiapan menghadapi akreditasi nasional pada bulan Juni 2015 mendatang, RSUP H. Adam Malik Medan mengadakan Bimbingan Teknis (bimtek) akreditasi dengan narasumber dari Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) berjumlah 6 (enam) orang dan didampingi dari Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkes RI) yang berjumlah 2 (dua) orang. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 17 – 18 April 2015. Bimbingan teknis berupa penelusuran dokumen dan penelusuran kegiatan pelayanan di lapangan.

  BimTek KARS1BimTek KARS

Perwakilan Kemkes RI dalam sambutannya menegaskan bahwa bimtek ini untuk melihat dan memberikan arahan kepada rumah sakit (RS) atas kendala-kendala yang masih dijumpai dilapangan. Selaras dengan penyampaian dari perwakilan Kemkes RI, Ketua Tim KARS dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tim hanya dapat mengarahkan apa yang dianggap perlu bagi persiapan akreditasi, masalah hasil akhirnya tergantung dari pihak RSUP H. Adam Malik Medan untuk menindaklanjutinya. Beliau mengingatkan bahwa standar yang diberlakukan di dalam akreditasi nasional (KARS) diadopsi dari standar yang ada di JCI, sehingga apabila RSUP H. Adam Malik Medan lulus paripurna dalam akreditasi nasional, akan mempermudah meraih akreditasi JCI. Beliau juga menghimbau pihak RS untuk tidak menjadikan akreditasi nasional sesuatu hal yang membebani dan menakutkan, tetapi menjadikan suatu hal yang biasa dikarenakan semua elemen di RS bekerja berdasarkan standar prosedur operasional (SPO). Di akhir sambutannya, beliau mengharapkan pihak RSUP H. Adam Malik Medan tidak lagi mengadakan bimtek, tetapi langsung melakukan survey akreditasi sekaligus lulus paripurna akreditasi nasional. Pernyataan ini disambut meriah oleh pihak RS dengan tepuk tangan dan dilanjutkan dengan yel-yel RSUP H. Adam Malik Medan yang dipimpin oleh Direktur Keuangan (Dirkeu) RSUP H. Adam Malik Medan.

BimTek KARS4Sebelum kegiatan bimtek dimulai,Direktur Utama (Dirut) RSUP H. Adam Malik Medan menyampaikan presentasi singkat tentang persiapan yang sudah dilakukan RSUP H. Adam Malik Medan dalam menghadapi akreditasi tingkat nasional dan internasional. Beliau sangat yakin akan kemampuan RSUP H. Adam Malik Medan untuk dapat meraih nilai paripurna dari akreditasi nasional pada bulan Juni 2015 mendatang. Beliau juga mengharapkan kepada seluruh pegawai RS untuk tetap menjaga motivasi, komitmen dan tekad yang sudah tertanam di hati untuk meraih cita-cita yang sudah di depan mata. Di akhir sambutan, Dirut mengucapkan terimakasih atas kesediaan waktu dan antusiasme Tim KARS dan Kemkes RI untuk membimbing RSUP H. Adam Malik Medan.

BimTek KARS2 BimTek KARS3

Tulisan ini dibuat dalam Kategori Berita dan membahas Topik , . Bookmark permalink.