INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUP H. ADAM MALIK MEMPRODUKSI KAKI DAN TANGAN PALSU

Penulis : Simson Sinuhaji, SST, M.Fis

Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP H. Adam Malik

Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik sebagai sarana kesehatan yang mempunyai fungsi rujukan harus menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu,lengkap tidak terkecuali pada pasien – pasien yang memiliki ganguan fungsional, dengan menyediakan Pelayanan Rehabilitasi Medik yang komprehensif.

Pelayanan Rehabilitasi Medik yang komprehensif mulai dari upaya – upaya  promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Paradigma Pelayanan Rehabilitasi Medik yang dianut saat ini dititik beratkan pada Strategi Rehabilitasi Pencegahan ( Prevention Rehabilitation ), artinya pencegahan ketidak mampuan  ( Disabilitas ) harus dilakukan sejak dini, untuk mencapai tingkat kemandirian seoptimal mungkin, sesuai dengan potensi yang dimiliki pasien.

Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP H. Adam Malik memiliki visi “ Menjadi Pusat Rujukan Rehabilitasi Medik Terbaik di Sumatera Bagian Utara dan Tengan Tahun 2015” dengan misi berupa, Menjalankan Pelayanan Rehabilitasi Medik secara paripurna, terjangkau, efisien dan profesional serta melakukan inovasi berkelanjutan peningkatan sumber daya manusia dalam pelayanan Rehabilitasi Medik.

Instalasi Rehabilitasi Medik RSUP H. Adam Malik memiliki beberapa Kelompok kerja (POKJA) yang terintergrasi dalam satu tim pelayanan Rehabilitasi Medis berupa, Pelayanan Medis, Pelayanan Fisioterapi ,Pelayanan Okupasi Terapi, Pelayanan Terapi Wicara, Pelayanan Psikologi dan Pelayanan Orthotik Prostetik.

Saat ini Kelompok Kerja Orthotik Prostetik Instalasi Rehabilitasi Medik telah mampu memproduksi kaki dan tangan palsu selain alat – alat bantu tubuh yang telah ada selama ini yang dikerjakan oleh staf Orthotik Prostetik RSUP H.Adam Malik yang professional dan. pengadaan kaki dan tangan palsu tersebut  ditanggung sepenuhya  oleh BPJS  Kesehatan bagi peserta Askes, TNI Polri, Jamkesmas, Jamsostek dan peserta BPJS Kesehatan mandiri tanpa ada penambahan biaya dari peserta.

Produksi pertama berupa kaki palsu telah diserahkan secara simbolik oleh Direktur Utama RSUP H. Adam Malik, dr.Lukmanul Hakim Nasution, SpKK  kepada pasien peserta BPJS Kesehatan pada bulan Juli 2014, yang kemudian disusul dengan penyerahan Kaki Palsu produksi ke dua oleh Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik, Simson Sinuhaji, SST, M.Fis kepada pasien peserta BPJS Kesehatan pada bulan Agustus 2014. Diharapkan pada masa-masa yang akan datang, semakin banyak masyarakat yang dapat dilayani dengan pengadaan kaki dan tangan palsu ini, yang sekaligus akan mendukung peran dan fungsi RSUP H. Adam malik dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

1

Penyerahan Kaki Palsu produksi Orthotik Prostetik  Pertama Oleh Dirut RSUP H. Adam Malik kepada pasien peserta BPJS Kesehatan

2

Penyerahan Kaki Palsu Produksi Orthotik Protetik ke dua oleh Kepala Instalasi Rehabilitasi Medik kepada pasien peserta BPJS Kesehatan

Tulisan ini dibuat dalam Kategori Berita dan membahas Topik , , , , . Bookmark permalink.