RSUP H Adam Malik Lantik 21 Ketua SMF Baru

Medan (09/02/2017) – RSUP H Adam Malik melantik 21 dokter dari berbagai disiplin sebagai ketua Staf Medik Fungsional (SMF) yang baru, Kamis (09/02/2017). Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Bambang Prabowo MKes di Aula Gedung Administrasi RSUP H Adam Malik, Medan, Sumatera Utara. Para ketua SMF ini AKAN bertugas membina etika profesi dan mengatur kewenangan profesi anggota SMF, serta meningkatkan program pelayanan, pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan di bidang medis.
Disampaikan dr Bambang, mekanisme penetapan SMF dan kepengurusannya ini dilakukan mengacu kepada Hospital By Law RSUP H Adam Malik. “Rumah sakit wajib membentuk SMF dan tugas-tugasnya, untuk peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit sesuai dengan prinsip patient safety,” jelasnya dalam kata sambutan.
Dalam menjalankan tugas, dr Bambang meminta agar Ketua SMF tetap memperhatikan target RSUP H Adam Malik dalam mencapai akreditasi internasional JCI pada tahun 2017 ini. “RSUP H Adam Malik sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU), berperan sebagai Academic Medical Center, dan bersama FK USU membentuk Academic Health System,” lanjutnya.
Selain itu, dr Bambang juga berharap dapat dibangun kerja sama yang lebih baik lagi antara RSUP H Adam Malik dengan FK USU. Menurutnya, dalam posisi ini FK USU memiliki tugas untuk meningkatkan kualitas pendidikan para dokter, sedangkan RSUP H Adam Malik menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan.
“Rumah sakit pendidikan tidak bisa lepas dari departemen FK USU, karena para ahli pendidikan di sana. Harapannya terbentuk kolaborasi yang indah antara SMF dan departemen, sehingga lulusan FK USU dapat berkiprah secara nasional, bahkan juga di tingkat internasional,” harap dr Bambang.
Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pemberhentian dengan hormat Ketua SMF yang lama. Acara ini turut dihadiri oleh jajaran direksi RSUP H Adam Malik, serta Wakil Rektor II USU dr Muhammad Fidel Ganis Siregar SpOG(K). (*/aepm)

 

Informasi lebih lanjut :
RSUP H. Adam Malik Kementerian Kesehatan
Jl. Bunga Lau No. 17 Medan Tuntungan Km. 12 Medan
Telp. (061) 8364581 – 8360143 0 8360051 ext. 164
Fax. (061) 8360255
www.rsham.co.id

 

Tulisan ini dibuat dalam Kategori Berita. Bookmark permalink.