Senam Bersama Mendukung GERMAS di RSUP H Adam Malik

 

Medan, 03 November 2017

RSUP H Adam Malik menggelar senam bersama dengan para direksi dan manajemen rumah sakit, pada Jumat (03/11/2017) mulai pukul 07.45 WIB. Senam yang rutin dilaksanakan setiap minggu di halaman Gedung Administrasi RSUP H Adam Malik ini dipimpin langsung oleh Direktur Utama (Dirut) RSUP H Adam Malik dr Bambang Prabowo MKes beserta jajarannya, dan diikuti pula oleh puluhan peserta.

Senam bersama ini sendiri merupakan salah satu bentuk tindakan nyata dari RSUP H Adam Malik dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada akhir 2016 lalu. RSUP H Adam Malik sebagai rumah sakit vertikal Kemenkes turut mensosialisasikan gerakan nasional tersebut kepada masyarakat luas.

Seperti diketahui, GERMAS dicanangkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani bersama Menteri Kesehatan Prof dr Nila Farid Moeloek SpM(K) di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, pada 15 November 2016. GERMAS merupakan gerakan nasional yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin. (*/aepm)

 

Tulisan ini dibuat dalam Kategori Berita. Bookmark permalink.