Profil

RSUP H. Adam Malik mengembangkan unit pelayanan unggulannya dengan membangun Gedung pelayanan khusus penyakit jantung atau Cardiac Center. Gedung ini  sudah beroperasi di RSUP H. Adam Malik (HAM) Medan pada  Agustus 2012. Pengoperasiannya ditandai dengan diadakannya alat-alat kesehatan yang terbaik. Sejak tahun 2000 hingga 2015, Instalasi Kardiovaskuler (jantung) Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik Medan telah  melayani 14.000 Kasus. Tindakan pelayanan yang diberikan  tidak hanya melakukan tindakan yang sederhana, namun sudah lanjut. Pelayanan jantung yang diberikan pada pasien  dilengkapi dengan mesin kateterisasi (Coronary Angiography).

Namun Pengembangan teknik left main atau oklusi total, yang sederhana masih bisa dikerjakan (misalnya, ada pasien yang tidak ingin dibedah pada suatu kasus tertentu, para dokter masih bisa melakukan tindakan angioplasti atau pasang balon atau ring)  juga dapat melakukan tindakan melebari katup mitral dengan balon dan tidak mesti operasi (Balon Mitral Valvuloplasti).

Instalasi Kardiologi RSUP H. Adam Malik tidak semata-mata menangani pasien yang mengalami jantung koroner. Para dokter juga mengerjakan pelayanan jantung bawaan yang dapat ditutup dengan teknik umbrella (payung). Misalnya ada pasien mengalami kelainan jantung bawaan (Patent Ductus Arteriosus) atau (Atrial Aeptal Defect), dokter sudah dapat menanganinya dengan teknik umbrella divice, dan juga dapat memasang pacu jantung permanen.

Dengan keahlian para dokter itu, tak salah jika dalam setahun Instalasi Kardiovaskuler RSUP Adam Malik ini pernah melayani hingga 2.500 orang, berupa tindakan intervensi jantung. Sementara pasien rawat jalan dalam satu tahunnya sebanyak 28.033 orang. “Tindakan intervensi yang sudah kita lakukan sejak tahun 2000 hingga saat ini sebanyak 14.456 orang, termasuk pasang pacu jantung, umbrella  tingkat keberasilan tindakan medis yang dilakukan  mencapai 95 persen. “Angka kematian para pasien sangat kecil .